HEALTHY FOOD : 10 Makanan Sehari-hari Antikolesterol

Ketika kadar kolesterol darah kita meninggi, selama ini kita hanyadiberi tahu harus berpantang makanan ini-itu untuk mengendalikannya.Padahal, akan lebih efektif hasilnya jika kita juga mengonsumsi makananbersifat antikolesterol. Apa sajakah?

Cara mengendalikan kadar kolesterol dengan metode terapi nutrisi adalahmakan lebih banyak bahan nabati dan mengganti lemak berbahaya denganlemak sehat. Mengonsumsi lebih banyak makanan nabati akan meningkatkanasupan protein nabati, yang bekhasiat menurunkan kadar kolesterolberlebih. Lemak jenuh (contohnya lemak hewan, mentega), lemak trans,(misalnya margarin, minyak jelantah), dan kolesterol dalam makanan(seperti kuning telur, daging berlemak) secara nyata menaikkan kadarkolesterol darah. Contoh lemak sehat diantaranya minyak canola, minyakzaitun, alpukat, kacang tanah, almond.

Nah, guna membantu mengendalikan kadar kolesterol agar tetap sehat,cobalah mulai lebihs ering memasukkan makanan berikut dalam menu harianAnda.

1.. Jamur Kaya kromium, mineral yang membantu memecah lemak menjadi senyawasederhana, yakni asam-asam lemak. Aktivitas ini membantu menyusutkankadar "lemak jahat" LDL dan meningkatkan kadar "lemak baik" HDL. Cukupasupan vitamin C bermanfaat meningkatkan penyerapan kromium. Sumber lainkromium adalah kacang-kacnagan, seperti kenari, kacang tanah, kacangmete, almond.

2.. Kuaci tawar Selama ini kuaci kita sepelekan, padahal berlimpah zat tembaga. Polamakan rendah asupan tembaga berkaitan dengan naiknya kadar "kolesteroljahat" LDL dan terbatasnya "kolesterol baik" HDL. Karena itu, lebihsering nikmati kuaci, terutama yang tawar, baik kuaci biji labu maupunbiji bunga matahari.

3.. Jeruk nipis Diantara beragam jenis jeruk, jeruk nipis atau jeruk lemon adlaah yanglaping anyak mengandung flavonoid. Senyawa ini mampu menghambat produkdi"kolesterol jahat" LDL berlebihan, sehingga mengurangi risiko seranganjantung. Flavonoid bisa pula diperoleh dalam teh, brokoli, tomat,kedelai, bawang berlapis-lapis seperti bawang merah dan bawang bombai,delima. Bagaimana mengonsumsi jeruk nipis atau jeruk lemon? Mudah saja.Campurkan sesendok makan air jeruk dalam air putih atau jus buah.

4.. Apel Serat larut yang banyak terdapat dalam apel, apalagi yang dimakanbersama kulitnya, merupakan sumber betaglukan (beta glucan). Di dalamtubuh, betaglukan ikut berperan mengontrol penyerapan dan produksikolesterol. Makin tinggi mengendalikan kadar kolesterol dalam darah.Sumber lain: pepaya, buah-buahan yang dimakan bersama kulitnya (apelpir), wortel, kapri dan sayuran polong-polongan lain pada umumnya(buncis, kecipir, kacang panjang), polong-polongan kering (kacang hijau,kacang merah, kacang tolo), beras merah.

5.. Ikan tuna Termasuk sumber asam lemak mega 3 yang populer, selain ikan salmon dan makarel. Dalam satu hasil penelitian terhadap penduduk yang secara alamipengosumsi banyak ikan, umlah mereka yang menderita penyakit jantungternyata sangat rendah. Omega-3 secara khusus melindungi tubuh terhadapkenaikan kadar "kolesterol jahat" LDL.

6.. Jambu biji lokal merah Sama seperti semangka merah dan tomat merah, jambu biji lokal merah inikaya likopen. Dalam sebuah riset, sejumlah pengidap hiperkolesteroldiberi makanan sumber likopen secara rutin setiap hari. Setelah 3 bulan,kadar "kolesterol jahat" LDL mereka menyusut 14 persen. Likopenberkaitan dengan kerja enzim HMGCoA-reduktase, yang ikut berperan dalammengendalikan produksi kolesterol.

7.. Alpukat Asam pantotenat merupakan senyawa paling menonjol dalam alpukat yangberperan meredam kadar kolesterol darah. Asupan asam pantotenet, yangdisebut juga vitamin B5, di dalam tubuh akan diubah menjadi pantetin.Ketika seseorang banyak mengonsumsi bahan makanan berlimpah asampantotenat, pantetin dalam darahnya meningkat. Pada saat itu juga, kadarlemak darah menurun, khususnya "kolesterol jahat" LDL. Sebaliknya, kadar"kolesterol baik" HDL-nya meningkat. Sumber lain asam pantotenat: kuacitawar biji bunga matahari, jamur, yogurt, ikan salmon.

8.. Tempe Makanan rakyat ini berlimpah senyawa fitokimiawi isoflavon, yangbersifat antikolesterol. Banyak juga terdapat dalam tahu dan susukedelai. Berkhasiat menyusutkan kadar "kolesterol jahat" LDL, termasukkolesterol total. Sebaliknya, isoflavon menggenjot kadar "kolesterolbaik" HDL yang berperan mencegah penyakit jantung.

9.. Kacang tanah Kacang kulit, yakni kacang tanah berkulit yang dipanggang dalam oven,mungkin ada baiknya dijadikan camilan sehat. Bukan karena terpengaruhiklan, tapi kacang panggang berkulit ini memang berlimpah lemak sehatsekaligus kaya vitamin E. Sumber lain vitamin E; alpukat, kuaci tawarbiji bunga matahari, almond. Vitamin E "mengunci" radikal bebas agartidak merusak "kolesterol jahat" LDL sehingga pembentukan plak didinding pembuluh darah dapat dihindari dan mencegah serangan jantung.

10.. Mangga Vitamin C banyak terdapat dalam mangga. Sumber lainnya: belimbing, anekajenis jeruk (jeruk bali, jeruk keprok, dll), kedondong, pepaya,rambutan, stroberi, kiwi. Selain buah, beberapa jenis sayuran yangdisantap mentah pun merupakan sumber vitamin C yang potensial, sepertikol, terutama kole merah, cabai merah, paprika merah. Vitamin C mencegah"kolesterol jahat" LDL teroksidasi, sehingga menghindarkan terbentuknyaplak di dinding pembuluh darah. Sebaliknya, vitamin C mampu membantumeningkatkan kadar "kolesterol baik" HDL. Vitamin C juga memperkuatperanan vitamin E, sesama senyawa antioksidan kuat sebagaimana vitaminC, dalam menghalangi meningkatnya kadar kolesterol darah.

  Posted by : Nono On 26.9.04 

Mangga dan Khasiatnya

BUAH mangga atau pelem (Mangifera Indica) tergolong jenis buah-buahan yang sangat diakrabi masyarakat. Hal yang wajar, karena Indonesia termasuk negara yang memiliki beragam jenis mangga. Pohon mangga bisa mencapai ketinggian 5-10 meter. Buahnya, seperti diketahui berbentuk bulat telur dengan panjang 80-150 m dan diameter 50-90 mm.

Mangga yang masih mentah warnanya hijau tua atau hijau kekuningan. Biasanya buah mangga matang pada musim panas dan ditandai dengan warna kulitnya yang kekuningan. Daging buah mangga mengandung banyak air, berbau harum dan manis. Dalam penelitian yang dilakukan, mangga berkhasiat mengatur arus energi vital, meredakan batuk dan memperkuat limpa. Rasa daging bijinya manis agak pahit, sifatnya tidak panas maupun dingin. Daging biji ini dapat menggerakkan energi vital, membantu sirkulasi darah dan meredakan rasa sakit.

Buah mangga banyak mengandung karbohidrat, glukosa, mangiferin, minyak-minyak volatif, asam organik, vitamin A, B1, B2, C. Ekstrak buah mentah dan ekstrak kulit batang, batang dan daun memiliki khasiat antibiotik.

Di India, biji mangga juga dimanfaatkan sebagai pangan pada masa paceklik. Daun mudanya dimakan dan dimasak untuk sayuran. Bunga atau kulit kayu yang kering dan perebusan biji mangga digunakan sebagai obat pengelat (astringent) dalam pengobatan tradisional. Berikut ini beberapa ramuan dari mangga untuk mengatasi beberapa penyakit.

Untuk Peradangan kulit: Ambil 150 gram kulit buah mangga, lalu didihkan dalam air secukupnya. Gunakan air rebusan ini selagi hangat untuk mencuci bagian yang sakit 3 kali sehari. (Ramuan ini juga bisa digunakan untuk mengobati eksim.)

Untuk mengatasi Asma: Ambil satu buah mangga segar. Buang bijinya. Setelah itu, makanlah mangga tadi sekaligus bersama kulitnya. Lakukan pengobatan 3 kali sehari, setiap hari. (Ramuan ini juga bisa digunakan untuk mengobati batuk.)

Untuk mengatasi Busung air:Gunakan 15 gram kulit mangga dan 30 gram daging biji dari batu buah. Kukus dan berikan pada penderita. Lakukan pengobatan 1 kali sehari.

Sumber: KCM

  Posted by : Nono On 16.6.04 

Wortel Meningkatkan Rangsangan Otak

Dulu, mitos menyebutkan bahwa wortel dapat menyehatkan. Menurut penelitian wortel terbukti hanya "menjaga" kesehatan mata, bukan menyembuhkan mata yang sudah kena penyakit. Kini malah terbukti, wortel membuat daya rangsang otak meningkat dalam hal mengingat.

Ternyata buah-buahan juga dapat mempengaruhi kerja otak. Buah-buahan mempunyai pengaruh yang sangat positif terhadap otak. Seperti wortel. Bila Anda ngin merangsang fungsi ingatan, Anda dapat melakukannya dengan menyantap buah-buahan segar dan wortel yang mentah. Kenapa? Ini karena gula alami merupakan salah satu kandungan dari buah. Bahan tersebut dapat merangsang ingatan lebih cepat, dan mengingat informasi dengan cepat.

Tidak hanya gula dan banyak lagi bahan kandungan yang terdapat di dalam buah yang bisa merangsang kerja otak. Memakan beberapa wortel mentah, dapat menstimulasi kerja otak sekali dalam seminggu.

Sebaliknya buah dapat pula menimbulkan efek negatif yang memperlambat kerja otak. Yaitu bila tepung putih khususnya terdapat dalam campuran keju, dimakan bersamaan dengan buah, karena untuk memprosesnya diperlukan energi yang banyak. Dan banyak darah mengirim pada sistem pencernaan, jadi darah tidak banyak mengalir ke bagian kepala.

Memakan ayam kalkun, karena mengandung elemen racun yang kuat, sehingga membuat Anda mengantuk. Atau mengkombinasikan daging dan kentang.

Karena kedua makanan itu mempunyai cara pembakaran yang berbeda, tubuh Anda memerlukan energi yang banyak untuk membakar makanan secara bersamaan, dibandingkan dengan memakannya dengan makanan lainnya.

Nah, teruslah memamah wortel, siapa tahu ingatan Anda kian hebat?

  Posted by : Nono On 23.1.04 

Lidah buaya untuk panas dalam

Bagi orang Bogor untuk mengobati panas dalam biasanya orang minum es cingcau yang biasa dijajakan pedagang di rumah-rumah. Tapi ada salah satu alternatif lain untuk menghilangkan panas dalam? Mau tau? Cobalah es lidah buaya, selain lezat, sakit panas dalam dan sariawan Anda pun bisa lenyap. Jika mau, campurlah es lidah buaya tadi dengan cincau, selain rasanya kian enak, penyakit pun makin gampang ditendang.

Tanaman ini selain untuk penyubur rambut juga dapat dibuat untuk obat panas dalam. Caranya, ambillah lidah buaya yang dagingnya sudah tebal dan panjang, lalu kupas dan bersihkan. Jika Anda malas merebusnya, dan merasa nyaman dengan baunya yang agak anyir, tak masalah, segera masukkan lidah buaya tadi ke kulkas, dan sebelumnya, sirami dengan madu. Biarkan sampai setengah jam, lalu sudah dapat Anda konsumsi, enak dan sungguh berkhasiat menghilangkan panas dalam dan sariawan Anda.

Selamat mencoba ya.........

  Posted by : Nono On 1.1.04 




 


Agriculture weblog's adalah blog yang memuat kumpulan beberapa artikel mengenai dunia pertanian & kesehatan. Buah-buahan, sayur-sayuran, rempah-rempah, akan menjadi sebagian dari isi blog ini. Semoga dengan adanya blog ini menambah semaraknya dunia perbloggeran Indonesia.



Nama :

Url :
Komentar
by: doneeh.com




 

Copyright @ 2003||Suhartono Wagirinputro journal. Please send question to nono